magnet kata

Perbanyak kalimat syukur.

Hindari mengeluh. Ketika mengeluh, Anda melepaskan getaran negatif ke alam-semesta yang akan menarik hal-hal negatif ke dalam hidup Anda. Begitu pula sebaliknya.

Perhatikan betul kata-kata yang anda ucapkan dan yang tidak anda ucapkan (dalam hati).

Perbedaan Mentega dengan Margarin

Gambar

Mentega atau Butter terbuat dari lemak susu hewan. Di pasaran tersedia dalam merk-merk antara lain Orchid, Wysman, Elle & Vire, dsb. Tekstur mentega sangat lembut di suhu ruang, wangi susu, mudah meleleh di suhu hangat. Warnanya kuning pucat (lebih muda dari margarin).
 
Sedang margarin terbuat dari lemak tumbuhan (nabati). Di pasaran tersedia dalam merk Blue Band, Simas, Palmboom, dsb. Teksturnya lebih kaku, stabil di suhu ruang (tidak mudah meleleh), warnanya pun lebih kuning dari mentega.
 
Dalam penggunaannya sebagai bahan kue, terutama cake, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Mentega punya aroma yang enak, tetapi terlalu lembut dan daya emulsinya kurang baik, menyebabkan tekstur kue kurang kokoh. Sedangkan margarin aromanya tidak seenak mentega, tapi daya emulsinya bagus sehingga bisa menghasilkan tekstur kue yang bagus. Sehingga umumnya orang mencampur mentega dan margarin dengan perbandingan 1:1, untuk mendapatkan aroma yang enak sekaligus tekstur kue yang memuaskan.
 
Lantas apa yang disebut dengan Roomboter?
Roombotter berasal dari bahasa Belanda, adalah mentega juga. Tetapi di Indonesia orang biasanya mengistilahkan roomboter untuk jenis mentega dalam kaleng yang wanginya cukup kuat, seperti Wysman dan Corman. 
 
Sumber : Milis NCC

Pizza (lagi)

Bahan Dough:
350 gr terigu protein tinggi
15 gr gula pasir
1 sdt garam halus
1/2 sachet ragi instan +/- 5gr
25gr susu bubuk
180ml air es
50gr margarin
Topping:
2sdm saus bolognaise siap pakai
2lbr smoked beef
2 bh sosis sapi
Paprika hijau secukupnya
Bawang bombay secukupnya
Keju kraft quick melt secukupnya
Cara membuat:
1. Masukkan semua adonan kering kecuali garam n margarin, aduk rata, masukkan air es sedikit demi sedikit, aduk dgn mixer spiral kecepatan tinggi
2. Masukkan margarin dan garam terus mixer sampai adonan rata
3. Lanjutkan menguleni dengan tangan sampai kalis elastis, tambahkan sedikit tepung di tangan jika adonan masih lengket, saya menguleni 15mnt sdh kalis.
4. Diamkan adonan di suhu ruang, letakan di wadah yg sdh dioles margarin sblm nya, tutup dgn plastik wrap, biarkan sampai mengembang 2X lipat. Kira2 30-60 menit.
5. Kempeskan adonan dgn cara ditinju
6. Bagi 3 sama rata, bulatkan, diamkan adonan kira2 5-10 menit.
7. Siapkan loyang datar olesi margarin, ratakan adonan satu demi satu, bentuk bulat pipih, tusuk2 tengah nya dengan garpu
8. Panaskan oven suhu 190ºC
9. Olesi saus bolognaise, taburi sosis, smoked beef, paprika, bwg bombay dan parutan keju
10. Oven selama -/+ 10 menit.
Adonan ini menghasilkan 3 dough pizza ukuran sedang. Selamat mencoba ya Bun…

Mini Pizza Chic!

Bahan:
350gr terigu cakra
150gr terigu segitiga
11gr ragi instan
30gr gulpas
50ml minyak
200 ml air hangat
Cara:
Ragi dikasih air hangat sedikit,biarkan sampai berbusa
Campur terigu,gulpas,minyak,larutan ragi, uleni dengan air.uleni sampai kalis
Tutup adonan +/- sejam sampai mengembang.
Bulatkan kecil lalu pipihkan dengan telapak tangan,panggang diatas teflon sebentar.lalu angkat dan beri toping saos,sosis+jagung(di tumis dulu) keju parut.panggang lg sampai matang.

Gambar

Risoles Roti Tawar

Gambar

bahan isi :

wortel 1 buah,

ayam filet 1 ons,

daun bawang 1 btng,

telur 1 btr,

tepung maizena 1/2 sdm,

susu bubuk 1 sdm,

blue band 1 sdm

,minyak grg 1 sdm,

bawang putih 2siung,

mrica sesuai selera,

caranya:

daging ayam & wortel dipotong dadu kecil2.maesena & susu bubuk di encerkn dg air matang kurleb 50ml.daun bawang diiris.bawang putih di rajang halus.panaskn minyak +blue band.tumis bawang putih sampe harum. masukn wortel,ayam
&daun bwng.kmd mskn telur di orak arik kmd mskn maizena& susu bubuk yg tlh dicairkn.mskn semua bumbu.msk sampe matang.siapkn roti tawar ,tiap lembar buang tepinya lalu gilas dg botol sampe tipis.gunakn sbg kulit.rekatkn dg putih telur.kmd mskn dlm kocokn putih telur dan dilumuri tepung panir.goreng deh…

Rainbow cake kukus

Gambar

 

Bahan:
8 butir telur
1 sdm emulsifier
250 gr gula pasir
250 gr terigu
1/2 sdm vanili
20 gr Maizena
20 gr susu bubuk
300 ml minyak sayur

Olesan:
200 gr buttercream ( vi pake susu dan mentega , kurang suka cream )
180 gr keju parut

Cara membuat:
siapkan loyang olesi dengan mentega, alasi kertas roti, olesi lagi dengan mentega.,
Kocok telur gula dan emulsifier hingga kental.
Masukkan terigu, susu, maizena dan vanili, aduk rata.
Masukkan minyak sayur sedikit demi sedikit. Aduk balik hingga rata.
Bagi 6 bagian sama banyak, masing-masing diberi warna: ungu, biru, hijau, kuning, orange, dan merah.
Kukus masing – masing selama 10 menit, warna pertama masuk unggu setelah 10 menit masukan biru dan seterusnya ( catatan : saat memasukan adonan selanjutnya jangan di keluarkan dari kukusan..jd masukan langsung ke loyang tetap berada di dalam kukusan )

PS: ukuran loyang 22×22, pewarna: RED BELL (ungu,biru,hijau,kuning,orange,merah)

Resep: Bunda Vivi (Langssung Enak)

Cilok Euy..

Bahan :
200 gram tepung kanji
200 gram tepung terigu
2 siung bawang putih haluskan
1 sendok teh kaldu bubuk
1/4 sendok teh merica bubuk
2 batang daun bawang iris halus
400 ml air, penambahan diperlukan sampai adonan mudah dibentuk
1 sendok teh garam
air untuk merebus
Bahan Saus Kacang :
150 gram kacang tanah digoreng, haluskan
1 sendok teh gula pasir
1 sendok teh cuka
garam secukupnya
air secukupnya


Cara membuat saus kacang :
Campur kacang tanah (yang sudah dihaluskan) dengan cuka, gula pasir, air dan garam.
Panaskan sebentar hingga mendidih dan mengental.
Jika ingin pedas, campurkan sedikit cabai yang sudah dihaluskan


Cara membuat cilok :
Langkah pertama campur dan ayak tepung kanji dengan tepung terigu. Kemudian tambahkan daun bawang dan bawang putih aduk hingga rata. Sisihkan.
Kemudian panaskan air (400ml), tambahkan garam, merica bubuk dan kaldu bubuk. Masak hingga mendidih.
Masukkan air yang masih panas tersebut kedalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata dan sampai adonan mudah dibentuk. Jika adonan sudah dibentuk hentikan penambahan airnya.
Ambil adonan sedikit dan bentuk bulat (cilok), lakukan sampai adonan habis.
Kemudian rebus cilok ke dalam air mendidih. Jika cilok sudah matang tandanya cilok mengapung. Angkat cilok yang sudah mengapung kemudian kukus hingga matang dan empuk.


Sajikan panas dengan saus kacang atau juga bisa disajikan dengan saus tomat atau kombinasi keduanya.

Gambar

 

 

M&M Cookies, Sluurrp

#Bahan :
– 240 gr tepung terigu protein
rendah (kunci biru)
– 20 gr tepung maizena
– 1 1/4 sdt baking soda
– 1/4 sdt garam
– 170 gr unsalted butter/margarine
– 100 gr gula pasir
– 120 gr brown sugar (gula pasir biasa/gula bubuk)
– 1 btr telur utuh
– 1 kuning telur
– 1 1/2 vanilla extract
– coklat m&m’s secukupnya

#Cara_Membuat :
1. Panaskan oven pada suhu 170
deg C, siapkan loyang. Loyang tidak perlu dioles apapun, kue tidak akan lengket, sisihkan.
2. Campur tepung terigu, maizena,
baking soda dan garam, aduk
rata, sisihkan.
3. Kocok butter hingga lembut,
masukkan gula, kocok kembali
hingga mengembang dan pucat.
Masukkan vanilla extract, telur
dan kuning telur, kocok kembali
hingga rata.
4. Tambahkan campuran tepung
terigu dan aduk hingga rata.
5. Ambil satu sendok makan
adonan cookies, letakkan diatas
loyang. Beri jarak pada tiap
cookiesnya, tempelkan coklat
m&m’s diatas cookies tekan
sedikit agar menempel.
6. Oven cookies selama 17-20
menit hingga matang. Angkat,
letakkan di atas rak kawat
hingga dingin, lalu masukkan
kedalam wadah kedap udara.


Sumber: Yulyan Parwati (dapur-eeyand.blogspot.com)Gambar

selamat,Eksekusi,Mom!

Bobok siang, yuk!

Seperti biasanya, setiap selesai makan siang saya selalu bilang pada kedua anak saya untuk istirihat siang. Beberapa hari yang lalu mereka masih menurut, langsung pipis dan cuci kaki, lanjut menuju kamar masing2. Tapi tidak untuk 3 hari belakangan ini. Mereka sangaattt ngeyel. Nggak mau mendengarkan kata-kata saya lagi. Ternyata ada hobby baru mereka, yaitu: nyeser iwak (mencari ikan pakai lat seser). Hmm saya pikir, ini pasti surga dunia bagi mas GIgih dan de garda. Petualangan yg asik bagi anak-anak. Yaa sudah, akhirnya saya mengalah. pasrah gak ngejar-ngejar mereka lagi. Membiarkan mereka main dipinggir selokan samping rumah, membiarkan bajunya kena lumpur, kadang terpeleset ke selokan, membiarkan mereka tidak tidur siang. Karena pengalaman ini nggak akan tergantikan. Besok kalo sudah SD, SMP merekan akan ‘ganti’ mainan, gak main seperti ini lagi. Biarlah mereka mempunyai masa kecil yang indah untuk dikenang, yang bisa diceritakan untuk cucu saya kelak 😀

Setelah puas bermain kotor, mas Gigih minta mandi. Gak mau mandi di kamar mandi, mandinya di luar aja (deket sumur). Okelah, emaknya nimba air, 2 bak besar. Saya mandikan mereka secara bergantian, saking senengnya sampe  gak mau disuruh ‘mentas’. Kalo udah gini, tinggal nunggu simbah nya lewat buat ‘ngomelin’ merka, dijamin langsung pada minta selesai mandinya.. hehehe.

Hari ini, alhamdulillah anak-anak mau bobok siang. Tapi, bukan tanpa perjuangan. Saya teteup ngejar2 dua anak lanang. Fyuhhh *elap keringet. 10 menit kejar-kejaran saya lalu masuk rumah *pura2 nyerah* . Girang dong merekaa.. “yeayy bunda kalah!”. Hmm gak tau aja kalian, bunda tetap ngintipin kalian dari dalem rumah lhoooo. Sampe akhirnya, saya lihat mas Gigih mau lari ke batako, saya mengendap-endap menuju ruang tamu, keluar, lariii ngejar Gigih. Happ! ketangkap juga kamu. Dia nangis, berontak. Tapi aku gak lepasin (jahat yahh  ), aku peluk dan beri pengertian untuk mau bobo siang. saya ajak masuk kamar, saya kipasin, gak lama deh..uda pules ajah.

Tantangan selanjutnya ialah Garda. Karena tadi uda ada episode kejar2an, jadi dia uda gak ada daya buat ngelawan saya. Nuruuttt banget saya tuntun ke kamar mandi, abis itu menuju kamar, dikipasin *ritualnya sama. trus bobok deh.

Alhamdulillah.

‘rasa’ ku

kemarin kamis, saya dan ibu-ibu tetangga sepakat menengok ibu mertua mba Esti yg sedang sakit. katanya, beliau opname di PKU. Ternyata, setelah kita sampai di Rs, kita nengok adik bayi dulu (cucunya bu isman) yg sedang dirawat di PKU juga, karena batuk dan muntah.setelah sedikit mengobrol, dapatlah informasi kalau ibu mertua mba esti sudah pulang siang  ini.

 

akhirnya, kami sepakat untuk menegok dirumah beliau. 10 menit kemudian, kita sampai ditujuan (kita pakek angkot). masuklah ibu2 satu persatu ke kamar simbah yg sedang sakit. kita semua salaman sama simbah. saya yg terakhir bersalaman. saat salaman, saya menyempatkan untuk bertanya pada beliau’ “ingkang diraoske nopo mbahh?” (yang di rasakan apa mbah? ). simbah hanya memegangi perutnya yang sedikit terlihat agak membesar, sambil tetap dengan tatapan kosong.anaknya yang menjelaskan bahwa, simbah perutnya sakit, tidak mau makan dan minum. setiap apa yg di masukkan pasti akan langsung dikeluarkan. begitu cerita anaknya.

saat salaman dengan simbah, saya merasakan tangan yg hangat ‘sedikit’ panas. berdasarkan pengalaman saya praktek di RS Jogja. bila pasien kritis, badannya sdh terasa panas, itu tandanya tidak akan lama lagi. tapi saya tidak mau berfikiran yang tidak2.

 

__________________________________________________________________________

 

siang ini saya baru pulang dari menengok bayi mba Dwi, naik angko (lagi) bareng ibu2 tetangga. sampai dirumah, dikasih tahu ibu bahwa ibu mertuanya mba esti sudah meninggal siang tadi.

semoga arwah beliau diterima disisiNya. diampuni dosanya. aamiin.